Kebaya Tradisional NE !

images.jpeg 20

images.jpeg 21

images.jpeg 22

PENGERTIAN KEBAYA

Kebaya adalah blus tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia yang terbuat dari bahan tipis yang dikenakan dengan sarung, batik, atau pakaian rajutan tradisional lainnya seperti songket dengan motif warna-warni.

Asal kata kebaya berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian. Dipercaya kebaya berasal dari Tiongkok ratusan tahun yang lalu. Lalu menyebar ke Malaka, Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat.

Sebelum 1600, di Pulau Jawa, kebaya adalah pakaian yang hanya dikenakan keluarga kerajaan di sana. Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita-wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna-warni.

Pakaian yang mirip yang disebut “nyonya kebaya” diciptakan pertama kali oleh orang-orang Peranakan dari Melaka. Mereka mengenakannya dengan sarung dan sepatu cantik bermanik-manik yang disebut “kasut manek”. Kini, nyonya kebaya sedang mengalami pembaharuan, dan juga terkenal di antara wanita non-Asia.

Terpisah dari kebaya tradisional, perancang mode sedang mencari cara memodifikasi desain dan membuat kebaya menjadi pakaian yang lebih modern. Kebaya yang dimodifikasi itu malah bisa dikenakan dengan jins atau rok.

 

MACAM-MACAM KEBAYA

Kebaya merupakan pakaian tradisional yang digunakan oleh masyarakat Indonesia khususnya para perempuan. Pada jaman dahulu kebaya sangat trend digunakan, terutama oleh wanita bangsawan. Hingga saat ini kepopuleran kebaya tak kunjung redup, bahkan semakin berkembang. Tapi tahukah Anda tentang macam-macam kebaya sesuai jenisnya? Seperti dikutip dari penjahitkebaya.com, berikut adalah macamnya.

Kebaya Chiffon
Chiffon, sebuah bahan yang sangat lembut, halus, transparan, mengikuti bentuk badan. Kain ini sangat tidak disarankan untuk digunakan oleh orang yang berbadan gemuk.
Kebaya Tule
Kain ini dipakai untuk pengantin ataupun penari ballet, kain kebaya ini sering digunakan sebagai sebuah kombinasi untuk sebuah busana yang lebih modern, contohnya saja untuk sebuah aksen di bagian leher, pergelangan tangan, dan ujung-ujung baju. aksen ini memang dilakukan dengan cara mengerutkan sebuah kain agar menumpuk di satu bagian saja.
Kebaya Lace atau Brokat
Kain brokat yang sangat glamor ini digunakan sebagai bahan kebaya. Brokat ini diproduksi dari Prancis, tapi di India dan Indonesia mampu memproduksi dengan kualitas yang bagus.Aplikasi tambahan yang dapat menyemarakan kebaya, seperti adanya payet, beads, Anda tidak perlu membeli kain brokat yang mahal lagi. Pola brokat sendiri berkisar pada motif floral dan orang dikit menggunakan motif abstrak.
Kebaya Silk dan Sutera
Sutra ternyata dibagi dua jenis; pertama dari serat alam, dan dari kepompong ulat sutera, satunya lagi adalah sebuah sutera buatan. Sifat kain ini sangat lembut dan sangat tahan lama, sutera menjadi pilihan untuk beraneka macam busana. Kain sutera banyak diaplikasikan sebagai corak batik tradisional.
Kebaya Tenun / Sarung
Tahukan Kamu ternyata Indonesia sangatlah kaya dengan beraneka ragam macam kain tenun mulai dari berbagai daerah, seperti kain tapis lampung, songket dari Palembang, Ulos dari Batak, dan sebagainya. Kain tenun ini memiliki sebuah keunikan tersendiri. Seperti memadukan kebaya dengan beraneka jenis kain tenun akan membuat penampilan kita semakin anggun, etnik dan juga menarik.
Kebaya Organza atau Organdi
Sebuah tekstur soft, shiny. Bentuknya yang cocok bisa menimbulkan sebuah efek volume atau puffy. Tekstur warnanya sendiri memang memberikan kesan mahal dan juga cocok untuk pesta ataupun gaun.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s